Selasa, 18 Januari 2011

TUGAS MAKALAH SISTEM INFORMASI JARINGAN PADA WARNET KING


TUGAS JARINGAN KOMPUTER
SISTEM INFORMASI JARINGAN PADA WARNET KING







Disusun oleh

Adityo Rachmawan                       A12.2006.02190
Rizka Puspita Sari                         A12.2009.03746
Dhimas Aydhi Rizal                       A12.2008.03140


SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO
SEMARANG 2010/2011

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi komputer meningkat dengan cepat, hal ini terlihat pada era tahun 80-an jaringan komputer masih merupakan teka-teki yang ingin dijawab oleh kalangan akademisi, dan pada tahun 1988 jaringan komputer mulai digunakan di universitas-universitas, perusahaan-perusahaan, sekarang memasuki era milenium ini terutama world wide internet telah menjadi realitas sehari-hari jutaan manusia di muka bumi ini.
Selain itu, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan telah benar-benar berubah, di awal perkembangannya hampir seluruh jaringan dibangun dari kabel koaxial, kini banyak telah diantaranya dibangun dari serat optik (fiber optics) atau komunikasi tanpa kabel.
Dengan berkembangnya teknologi komputer dan komunikasi suatu model komputer tunggal yang melayani seluruh tugas-tugas komputasi suatu organisasi kini telah diganti dengan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya, sistem seperti ini disebut jaringan komputer.
Untuk memahami istilah jaringan komputer sering kali kita dibingungkan dengan sistem terdistribusi (distributed system). Kunci perbedaannya adalah bahwa sebuah sistem terdistribusi,keberadaan sejumlah komputer autonomous bersifat transparan bagi pemakainya. Seseorang dapat memberi perintah untuk mengeksekusi suatu program, dan kemudian program itupun akan berjalan dan tugas untuk memilih prosesor, menemukan dan mengirimkan file ke suatu prosesor dan menyimpan hasilnya di tempat yang tepat merupakan tugas sistem operasi. Dengan kata lain, pengguna sistem terditribusi tidak akan menyadari terdapatnya banyak prosesor (multiprosesor), alokasi tugas ke prosesor- prosesor, alokasi f\ile ke disk, pemindahan file yang dfisimpan dan yang diperlukan, serta fungsi-fungsi lainnya dari sitem harus bersifat otomatis.
Pada suatu jaringan komputer, pengguna harus secara eksplisit log ke sebuah mesin, secara eksplisit menyampaikan tugasnya dari jauh, secara eksplisity memindahkan file- file dan menangani sendiri secara umum selusurh manajemen jaringan. Pada sistem terdistribusi, tidak ada yang perlu dilakukan secara eksplisit, sermunya sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem tanpa sepengetahuan pemakai.
Dengan demikian sebuah sistem terdistribusi adalah suatu sistem perangkat lunak yang dibuat pada bagian sebuah jaringan komputer. Perangkat lunaklah yang menentukan tingkat keterpaduan dan transparansi jarimngan yang bersangkutan. Karena itu perbedaan jaringan dengan sistem terdistribusi lebih terletak pada perangkat lunaknya (khususnya sistem operasi), bukan pada perangkat kerasnya.
Warung Internet atau yang lebih dikenal dengan sebutan warnet, diakui telah memberi warna tersendiri dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Dengan hampir lebih dari dua ribu warnet yang rata-rata didirikan di tengah krisis ekonomi beberapa tahun terakhir, pengaruhnya di dunia bisnis telekomunikasi dan dunia usaha Indonesia begitu signifikan. Peranan warnet menjadi begitu penting dalam upaya penetrasi internet Indonesia mengingat 60%-70% pengguna mengakses internet dari warnet. Oleh karena itu,kehadiran jaringan komputer dalam Warnet sangatlah bermanfaat untuk menghadapi tantangan tersebut karena fungsi dari jaringan ini adalah untukmengintegritasikan data sehingga dapat diolah dengan cepat untuk kemudian didistribusikan dengan memanfaatkan jaringan komputer secara local(local area networking).
Melihat dari alasan-alasan dan faktor-faktor diatas maka dalam proses pembuatan tugas ini, kelompok kami akan membahas dan menjabarkan tentang sistem jaringan komputer yang sekarang digunakan pada “Warnet KING”.
1.2  Perumusan Masalah
Dalam pembuatan laporan ini disertakan juga tujuannya yang berfungsi untuk memperjelas arah penulisan yaitu mempermudah pemakai dalam memperoleh informasi secara mudah, tepat, efisien . adapun perumusan masalah :
  1. Bagaimana mengatasi system yang mampu menangani pada saaat koneksi jaringan mengalami troble.
  2. Bagaimana mengatasi pada saat komputer yang di gunakan eror.

1.3  Pembatasan Masalah
  1. Membuat pengembangan system yang lebih baik lagi pada server.
  2. Membuat pengembangan program , dan menggunakan pemograman visual basic.

1.4  Tujuan
Untuk mengetahui system dan jaringan-jaringan yang di gunakan, berusaha memperbaharui system lama dengan maksimal pada KING.Net dan laporan ini di harapkan bisa berguna bagi pembacanya

1.5  Manfaat
Mengetahui secara nyata dalam membuat atau merancang pengembangan system jaringan pada WARNET KING. Memberikan gambaran bagaimana kinerja system dan jaringan  warnet, serta lebih mengembangkan ilmu komputer.









BAB II
LATAR BELAKANG




Seperti halnya KING.Net adalah   perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa persewaan tempat dan perangkat keras untuk komunikasi. Melalui internet bagi para pemakai  (Warung Internet) dan menyediakan cafĂ©,jual beli hardware,pemasangan jaringan dan instalasinya, namun yang menjadi target pembuatan laporan ini adalah bagaimana mengetahui penggunaaan jaringan-jaringan dan jaringan-jaringan apa saja yang terhubung , sehingga KING.Net dapat beroperasi dengan baik, meminimalkan kesalahan jaringan, pada saat jaringan troble , begitu pula hardware dan software yang terhubung pada setiap servernya.
Sedangkan alasan memilih Wanet (Warung Internet) KING.Net yang bertempat di Jl.Mapagan ini adalah tempatnya yang cukup strategis, cukup ramai dan mudah di jangkau  oleh setiap orang , cukup besar untuk bisa di jadikan laporan , karena memiliki lebih dari 10 unit computer/rooom dan billing , mempunyai 2 lantai , tempatnya nyaman , fasilitas cukup memadai .



















BAB III
DASAR-DASAR TEORI


Jaringan adalah sumber daya yang berhubungan satu sama lain  untuk membentuki suatu persekutuan yang lebih berdaya guna dari masing-masimg kompenen secara terpisah.
Jaringan Komputer tersedia dalam berbagai format, naming ada 2 jenis utama:
            Local Area Network (LAN)
Beberapa computer yang berdekatan di suatu area tertutup.LAN mjenggunakan kabel-kabel untuk menghubungkan para pengguna.
            Wide Area Network (WAN)
            Menghubungkan data yang terkirim lewat sambungan telepon , bukahn dengan kabel untuk menghubungkan para anggotanya

Struktur Internet
  • Word wide web
Mengorganisasikan sumber-sumber daya yang ada dalam internet, sehingga dapat dengan mudah mengakses data yang ada dalam internet.
  • Eletronic Mail
Merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan melalui internet dengan cara online.
  • Telnet
Adalah software yang memungkinkan satu computer dengan menghubungkan computer lain menggunakan informasi dengan computer lain.
  • FTP
Piranti software internet untuk mentransfer file dari computer satu dengan computer lain
  • Gopher
Sistem akses dan pemuatan informasi dalam lingkup luas.
  • Chat Group
Forum dimana pengguna dengan minat yang sama dapat mengadakan diskusi real-time secara online.
  • NewsGroup
Percakapan bersambung antara pelanggan dengan minat yang sama y6ang terbit lebih sering.

Pengertian Sistem
            Sistem adalah seperangkat elemen yang di gabungkan satu dengan lainnya untuk suatu tujuan bersama, sedangkan pengertian lain .Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian informasi
            Informasi adalah data yang telah di olah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya.
Informasi adalah data yang telah diambil dan di olah di gunakan untuk tujuan informative atau kesimpulan, argumentasi atau sebagai dasar untuk peramaian keputusan.
Informasi yang berkualitas tergantung pada 3 hal yaitu :
  1. Informasi harus tepat waktu
Informasi yang tepat waktu yang di berikan kepada penerima tidak boleh terlambat, karena informasi yang telah usang tidak mempunyai nilai lagi.
  1. Informasi harus akurat
Informasi tersebut jelas, bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak mengacaukan.
  1. Informasi harus relevan
Informasi tersebut harus bermanfaat bagi penerimanya dan relevan bagi tiap-tiap orang berbeda.

Pengertian Komputer
Komputer adalah serangkaian atau sekelompok mesinyang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja samaserta membentuk siostem kerja yang rapi dan teliti.
Agar dapat di gunakan untuk pengolahan datamaka harus berbentuk system komputeryang terdiri dari software(perangkat lunak), hardware(perangkat keras), brainware(pemakai/user). Ketiga hal tersebut merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan tidak dapat di pisahkan.

Analisis Sistem
Analisis Sisten adalah penelitian atas yang ada dengan tujuan untuk merancang system yang baru/di perbaharui.
Analisi Sistem adalah penguraian dari suatu system yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasikan permasalahan,kesempatan serta hambatan yang ada yang di inginkan. Sehingga dapat di usulkan perbaikannya.

Tahap-tahap Analisis Sistem
  1. Mengumumkan Pengertian Sistem
Cara manajemen dalam mengumumkan penelitian system untuk memberikan informasi kepada penerima untuk menanggulangi kekhawatiran terjadi miskomunikasi pengumuman ini dapat terjadi dalam bentuk media tertulis atau video.
  1. Mengorganisasikan Tim Proyek
Tim proyek yang akan melakukan penelitian system di kumpulkan

Perancangan Database
Merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan dalam perangkat keras computer dan di gunakan perangkat linak untuk manipulasi. Menurut pengolahan data yang dilakukan dapat di bedakan menjadi 2 macam pendekatan yaitu :
  1. Pendekatan Tradisional
Dalam pendekatan ini sumber data masih di tangani sendiri untuk setiap aplikasi.


  1. Pendekatan Terstruktur
Merupakan kebalikan dari pendekatan tradisional,sehingga tidak terjadi duplikasi data serta hubungan data dapat di tingkatkan.

Visual Basic
Visual Basic merupakan salah satu software untuk mengatur data dengan cara mudah, fleksibel dan cepat memprosesnya. Pengaturan data tersebut di kelompokkan dalam file database.
Dalam Visual Basic User tidak perlu menuliskan ekatention pada saat menuliskan nama file untuk menuliskan file tersebut, karena Visual Basic secara otomatis akan mendefinisikan sendiri.
Setiab objek dari Visual Basic di definisikan oloeh suatu class. Untuk memahami hubungan antara objek dengan classnya perhatikan contoh berikut:
  • Kontrol-kontrol yang ada pada jendela Toolbox pada Visual basic merupakan class-class. Objek tersebut di kenal sebagai control tidak aka nada sampai anda menanamkannya pada suatu form, ketika anda menanamkan pada suatu control anda telah membuat suatu duplikasi atau instance dan class control tersebut.

Jenis dan Sumber Data
            Jenis Data
1.      Data Kualitatif
Yaitu data yang tidak dapat di nyatakan dalam angka-angka.
2.      Data Kuantitatif
Data yang dapat di nyatakan dalam angka-angka yang dapat berupa data-data transaksi.

Sumber Data
1.      Data Primer
Data Primer adalah data yang di peroleh secara langsung di tempat penelitian yang menjadi obyek penelitian yaitu system jaringnan yang di gunakian pada Warung Internet (WARNET) GOAL.Net Semarang.
2.      Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang didapat secara tidak langsung yang berasal dari data system. Untuk memperoleh data sekunder di lakukan dengan membaca dan memahami buku-buku yang berkaitan dengan system jaringan pada Warung Internet (Warnet) GOAL.Net Semarang.

Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini metode yang di lakukan dengan beberapa cara yaitu:
a.   Studi Lapangan
Penggunaan metode ini memungkinkan data-data yang di butuhkan langsung dengan pihak-pihak yang terkait dengan objek penelitian.
Adapun cara-cara yang di gunakan sebagai berikut:
b.      Survey
Penulis mengadakan pengamatan langsung obyek yang di teliti sehingga memperoleh gambaran yang jelas tentang obyek tersebut.
  1. Wawancara
Penulis melakukan Tanya jawab langsung dimana penyelidik mengumpulkan data dengan cara komunikasi dengan subyek penyelidikan yang terkait sesuai dengan judul [ada laporan yang di buat.

Study Pustaka
Penulis mencari bahan referensi dan mempelajari bahan referensi dari buku-buku yang berkaitan dengan obyek pengamatan.

Identifikasi Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)
Untuk mendukung pembuatan sitem jaringan pada Warung Internet (WARNET) GOAL.Net  perlu adanya dukungan system computer yang memadai baik hardware maupun software.
Dalam memilih hardware atau software dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Kegiatan computer di lingkungan Warung Internet (WARNET)GOAL.Net masih dalam tahap awal sehingga masih dalam penyesuaian pengembangan.
  2. Pemilihan hardware dan  software perlu memperhatikan kebutuhan dimasa sekarang dan yang akan datang.
  3. Adapun pertimbangan system jaringan yang di gunakan tetapi mencapai hasil yang relative optimal.


Adapun kebutuhan Hardware yang dapat menunjang kegiatan proses komputerisasi adalah sebagai berikut:

  1. Clien
Spesifikasi
Jumlah
CPU intel Pentium 4 2,4Ghz
10 (Sepuluh) unit
RAM 512Gb

Hardisk 40 GG Rpm 7200 serial ATA
MB getway intel G 31
Monitor Svga 14’’ full screen
VGA GeForce 9500 GT
Keyboard
Mouse
Landcard 100 Mbps
Printer
1 (Satu) unit

  1. Server
Spesifikasi
Jumlah
CPU intel Pentium Celeron 2,4Ghz
1(satu) unit
RAM 1Gb

Hardisk 80 GG Rpm 7200 serial ATA
MB getway intel G 31
Monitor Svga 14’’ full screen
VGA GeForce 9500 GT
Keyboard
Mouse
Landcard 100 Mbps
Printer
1 (Satu) unit


Identifikasi Kebutuhan perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak untuk mendukung pengembangan system jaringan pada Warung Internet (WARNET) King.Net

  1. Bahasa Pemrograman
    • Bahasa Pemrograman Visual Basic Merupakan cara memanipulasi pada PC tampilan yang mudah dipakai.
    • Bahasa Pemrograman Visual Basic yang bekerja pada system operasi MS Windows lebih mudah dengan bantuan peralatan dari mouse.
    • Bahasa Pemrograman Visual Basic Merupakan suatu bahasa pemrograman yang menggunakan konsep database.
  2. Software system operasi
Software system operasi yang di gunakan adalah system operasi system windows bebas.
Identifikasi Kebutuhan SDM
Kelompok tenaga ahli pada computer terdiri dari:
  1. Sistem analis
Adalah seorang yang mempunyai kemampuan dalam menganalisa dan merancang suatu system komputerisasi dan atau menyusun spesifikasi computer dan program aplikasi untuk selanjutnya di gunakan oleh programmer. Bertugas menganalisa system yang sedang berjalan saat ini, kemudian mendesain dan  merancang keburuhan system tersebut bmenjadi system komputerisasi.

  1. Programer
Bertugas untuk mengimplementasikan desain yang di buat .
Yaitu orang yang mempunyai kemampuan dalam menyusun dan mengembangkan program aplikasi ke dalam system pemrograman.
  1. User
Adalah para karyawan yang ada dalam Warung Internet (WARNET)King.Net.
  1. Maintenece
Bertugas merawat system sekaligus segaloa kendala-kendala selama penerapan system baru tersebut.
  1. Tenaga ahli
Untuk pelaksanaan pekerjaan segala system yang ada pada Warung Internet (WARNET)King.Net.

IP address kelas C.
IP address kelas C digunakan untuk keperluan multicasting. 4 bit pertama IP address kelas C selalu diset 1110 sehingga byte pertamanya berkisar antara 224-247, sedangkan bit-bit berikutnya diatur sesuai keperluan multicast group yang menggunakan IP address ini. Dalam multicasting tidak dikenal istilah network ID dan host ID. IP address kelas E tidak diperuntukkan untuk keperluan umum. 4 bit pertama IP address kelas ini diset 1111 sehingga byte pertamanya berkisar antara 248-255.

Sebagai tambahan dikenal juga istilah Network Prefix, yang digunakan untuk IP address yang menunjuk bagian jaringan.Penulisan network prefix adalah dengan tanda slash “/” yang diikuti angka yang menunjukkan panjang network prefix ini dalam bit. Misal untuk menunjuk satu network kelas B 167.205.xxx.xxx digunakan penulisan 167.205/16. Angka 16 ini merupakan panjang bit untuk network prefix kelas B.

Alamat IP kelas C
digunakan untuk jaringan berskala kecil. Tiga bit pertama di dalam oktet pertama alamat kelas C selalu diset ke nilai biner 110. 21 bit selanjutnya (untuk melengkapi tiga oktet pertama) akan membentuk sebuah network identifier. 8 bit sisanya (sebagai oktet terakhir) akan merepresentasikan host identifier. Ini memungkinkan pembuatan total 2,097,152 buah network, dan 254 host untuk setiap network-nya.


Topologi yang di gunakan pada Warung Internet (WARNET)King.Net.
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.


Topologi yang di gunakan pada Warung Internet (Warnet) KING.Net yaitu Topologi Star.

Topologi jaringan ada beberapa bentuk sebagai berikut:

  1. Topologi Bus
Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node.)
.
  1. Topologi Cincin

Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.




  1. Topologi Pohon
Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
Pada jaringan pohon, terdapat beberapa tingkatan simpul (node). Pusat atau simpul yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada node-7. Keungguluan jaringan model pohon seperti ini adalah, dapat terbentuknya suatu kelompok yang dibutuhkan pada setiap saat. Sebagai contoh, perusahaan dapat membentuk kelompok yang terdiri atas terminal pembukuan, serta pada kelompok lain dibentuk untuk terminal penjualan. Adapun kelemahannya adalah, apabila simpul yang lebih tinggi kemudian tidak berfungsi, maka kelompok lainnya yang berada dibawahnya akhirnya juga menjadi tidak efektif. Cara kerja jaringan pohon ini relatif menjadi lambat.





  1. Topologi Star
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Kelebihan
·        Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
·        Tingkat keamanan termasuk tinggi.
·        Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
·        Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
·        Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti
.



  1. Topologi Token Ring
Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

.




Server yang di gunakan pada Warung Internet (WARNET)KING.Net yaitu
Server proxy menggunakan mikrotik

Apa itu proxy server ?
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Proxy server bekerja dengan mendengarkan request dari client internal dan mengirim request tersebut ke jaringan eksternal seolah-olah proxy server itu sendiri yang menjadi client. Pada waktu proxy server menerima respon dan server publik, ia memberikan respon tersebut ke client yang asli seolah-olah ia public server







BAB IV
IMPLEMENTASI

Implementasi Sistem
            Rencana implementasi ini di lakukan untuk menyelesaikan desain system yang ada dalam dokumen desain system yang di setujui dan alat-alat apa saja yang di gunakan untuk memulai menggunakan system baru atau system yang akan di perbaiki.

Rencana implementasi system meliputi:
  1. Program dan testing
Program dan testing ini dilakukan oleh pihak warung Internet KING.Net untuk mengetes modul-modul dan dilanjutkan dengan pengetesan untuk semua modulyang telah dirangkai. Pengetesanyang di lakukan yaitu:
-         Pengetesan Modul
Pengetesan tiap modul ini dapat berupa program utama yang di pakai. Pengembangan system KING.Net yaitu Visual Basic,Sumbraotim dan subprogram.
-         Pengetesan unit atau pengetesan program
Setelah modul di tessecara independent oleh programmer sampai benar-benar terbebas dari kesalahan.      
  1. Training
Training ini bertujuan untuk pelatihan training program yang akan di pakai di Warung Internet KING.Net. Bagian yang mendapat training disini adalah bagian operator, bagaimana saat di jalankan. Training ini dilakukan setelah program benar-benar di uji dan terbebas dari kesalahan.
  1. Change Over
Change Overmerupakan proses perubahan system lama ke system baru.
Metode yang dapat di gunakan adalah :


-         Paralel
Metode parallel adalah berjalannya system lama yang ada di Warung Internet KING.Net yaitu Ms Excel dengan system baru yaituVisual Bassic secara bersamaan.
-         Cut Over
Cut over adalah pada waktu tertentu semua system yang ada di warung Internet KING.Net yaitu Ms Excel dan Visual Basic berjalan serentak
-         Step by step
Step by step yaitu mulai dari mana system di buat. Bagian operatorwarnet ataubagian counter.

Maintenance
            Setelah di buat system dapat terselesaikan, maka system membutuhkanperawatan supaya system dapat berjalan dengan baik dan data dapat tersimpan dengan aman.
Yang perlu di lakukan untuk merawat system adalah:
  1. Back up secara periodic
Back up data inidapat dilakukan dengan cara menyimpan ulangdan data pada disket atau pada cd. Data yang harus di back up misalnya data yang berkaitan dengan warnet atau jaringan-jarungannnya. Back up data dapat di lakukan 1 (satu) bulan sekali.
  1. Index ulang (posting)
  2. Updating data base
Updating data base dilakukan jika dalam system akan di tambah system baru, misalnya dalam system hanya terdapat Delete, add,Save dan cancel kemudian di tambah find untuk mencari data agar lebih cepat.
  1. Menghapus  data-data yang sudah tidak di pakai
Karena kapasitasdalam computer terbatas , maka untuk data-data yang sudah tidak terpakai harus di hapus.



Alat apa saja yang di gunakan pada Warung Internet KING.Net

1. Modem

Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Umumnya alat ini digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya untuk menghubungkan antara dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan line telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau internet. Modulator menurut wikipedia indonesia merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan pengertian Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Jenis modem
Singkatan dari Modulator dan demodulator. Modem berfungsi untuk memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa; Sebaliknya demodulator mengambil kembali sinyal informasi dari sinyal gabungan. Modem terbagi atas:
1. Amplitude Modulation ( AM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah amplitude gelombang pembawa sesuai dengan amplitude sinyal informasi.
2. Frequency Modulation ( FM ), yaitu rangkaian elektronik yang mengubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi.
3. Pulse Modulation ( PM ), yaitu system modulasi pulsa dapat dibedakan menjadi :
  • PAM ( Pulse Amplitude Modulation ), amplitudo gelombang pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan sinyal informasi.
  • PPM ( Pulse Position Modulation ), yaitu posisi pulsa berubah-ubah sesuai sudut phasa sinyal informasi.
  • PWM ( Pulse Width Modulation ), jarak antar pulsa berubah-ubah sesuai dengan perubahan frekuensi sinyal pembawa.



4. Digital Modulation, terdiri dari :
            a. FSK ( Frequency Shift Keying ), yaitu pergeseran pulsa pembawa sesuai dengan besar bilangan biner (sinyal analog yang ‘dikodekan.

1. Modem ADSL
Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang mengunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem

2. Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel UMTS). Dikatakan demikian, karena melalui HSDPA terbentuklah saluran
W-CDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH)
yang tem WCDMA (wideband CDMA)

3. Modem CDMA
4. Modem 3GP
5. Modem GSM

2. Router
MikroTik RouterOS™, merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan  resource PC yang memadai.

3. Switch
Switch adalah komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer2 yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar. Switch memberikan unjuk kerja yang jauh lebih baik dari pada HUB dengan harga yang sama atau sedikit lebih mahal.

Pada saat sinyal memasuki suatu port di switch, switch melihat alamat tujuan dari frame dan secara internal membangun sebuah koneksi logika dengan port yang terkoneksi ke node tujuan. Port-port lain di switch tidak mengambil bagian di dalam koneksi. Hasilnya adalah setiap port di switch berkores-pondensi ke suatu collision domain tersendiri sehingga kemacetan jaringan terhindari. Jadi, jika suatu Ethernet switch 10-Mbps mempunyai 10 port,maka setiap port secara efektif mendapatkan total bandwidth 10Mbps sehingga port switch memberikan suatu koneksi yang dedicated ke node tujuan.

Switch terbagi dalam 2 tipe utama: switch layer-2 dan layer-3. Switch layer-2 beroperasi pada layer data-link model OSI dan berdsarkan terknologi bridging. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan pada alamat MAC. Switch layer-2 dapat digunakan untuk memecah jaringan yang sedang berjalan ke dalam collision domain yang lebih kecil untuk meningkatkan unjuk kerja.

Switch layer-3 beroperasi pada layer-3 dari model OSI dasar teknologi routing. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch-switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda di dalam suatu internetwork. switch layer-3 kadang-kadang di sebut Switch routing atau switch multilayer.

LAMPIRAN-LAMPIRAN
 
  

 


3 komentar:

  1. cara penyambungan untuk membuat warnet itu gmn mas

    BalasHapus
  2. gak bisa di kopas,,,,,,,,,,,mas

    BalasHapus
  3. bagus banget nih makalah tapi syang kagak bisa di kopas doang

    BalasHapus